Welcome to my Bloggg

ini blog isinya penting gag pentingg

My Photo

Translate

Senin, 02 Juli 2012

laporan observasi pendidikan karakter

LAPORAN HASIL OBSERVASI GEDUNG G 04

1. Wilayah Penelitian
Wilayah observasi kelompok kami adalah Gedung G 04 FIS UNY dan kondisi lingkungan di sekitar gedung tersebut. Letak Gedung tersebut tepatnya di sayap selatan Kampus FIS, merupakan bagian kesatuan dari Universitas Negeri Yogyakarta, yang beralamat di karangmalang Gang Guru Jalan Affandi tepatnya di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kondisi umum
a. Gedung G 04
Lokasi Gedung G04 adalah di sayap selatan FIS UNY. Tepatnya di sebelah timur Taman Ki Hajar. Gedung ini memiliki dua lantai. Ruang gedung ini dinamakan Ruang Kartini dengan Kapasitas 30 kursi. Gedung ini memiliki dua lantai. Lantai pertama memiliki 8 ruang. Lantai kedua juga memiliki 8 ruang yaitu ruang G04.201 - G04.208.
Selain delapan ruangan yang terlihat dari luar tersebut jika kita memasuki ruang kartini kita akan mendapatkan ruangan yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan luas tiap ruangan yang hanya sekitar 2 x1,5 m. Jadi di sisi belakang ruang tersebut masih ada ruang lain yang memiliki luas yang sama. Jadi, dalam ruang Kartini masih di sekat-sekat sehingga terdapat ruang-ruang lagi.
Dalam lantai satu ruang Kartini sebelah selatan terdapat 5 ruang. Kemudian di sebelah utara terdapat 16 ruang. Dan di lantai dua terdapat ± 20 ruang. Di tiap lantai terdapat kamar mandi. Masing-masing lantai terdapat dua kamar mandi.
Kondisi gedung ini sekarang sedang dalam tahap finishing renovasi. Renovasi sudah berjalan 80 %. Tinggal menyelesaikan penerangan (lighting) dan jaringan (komunikasi,WIFI) ,Gedung ini rencananya akan digunakan sebagai ruang kerja Guru Besar FIS UNY dan dosen – dosen pembimbing, agar mahasiswa dapat dengan mudah melakukan konsultasi pada dosen pembimbing. Penyelesaian renovasi gedung ini belum dapat dipastikan karena tergantung dari dana yang ada dan dari pihak kontraktor.

b. Kondisi sekitar Gedung G 04
Lokasi Gedung G04 yang terletak di sayap selatan FIS UNY membuat gedung ini dikelilingi oleh taman. Sebelah barat dan utara dikelilingi taman yaitu taman Ki hajar. Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan gedung perkuliahan FIS UNY. Dan sebelah selatan berhadapan langsung dengan gedung FIP UNY.
Seperti yang kita ketahui taman Ki Hajar merupakan taman yang rindang dengan banyaknya pepohonan di taman tersebut. Namun, taman yang berada di sebelah utara gedung ini masih gersang.

3. Kondisi khusus
a. Gedung G04
Gedung G 04 yang direncanakan akan digunakan sebagai ruang dosen pembimbing dan Guru Besar. Gedung ini memang belum 100% selesai direnovasi. Tentunya kondisi ruangan di gedung ini belum sepenuhnya sempurna. Gedung ini seluruhnya terdiri lebih dari 30 ruang. Luas masing – masing ruang yaitu 2 x 1,5 m. Kalau dilihat luas ruangan dinilai masih kurang karena belum diisi oleh barang – barang saja sudah sangat sumpek. Hal ini, akan berdampak pada kenyamanan kerja dan kualitas kerja. Sekat ruang bukan terbuat dari tembok. Tetapi apabila dibandingkan dengan kondisi gedung sebelum direnovasi, kondisi saat ini sudah lebih sempurna.
Sistem penerangan di gedung ini dirasa kurang efisien. Karena jumlah lampu yang ada sangat banyak dan tidak hemat energi.
Gedung ini juga dilengkapi dengan dua kamar mandi disetiap lantainya. Namun sekarang belum ada kamar mandi khusus laki – laki maupun wanita. Sehingga hal ini mengakibatkan ketidak nyamanan bagi para pemakainya.
Gedung ini rencananya akan dilengkapi dengan sarana informasi dan komunikasi yang lengkap guna mendukung kinerja dosen. Namun sekarang belum diaplikasikan karena menunggu selesainya renovasi gedung.
Setiap ruang kini baru dilengkapi dengan meja kerja, filling cabinet, dan loker yang menempel di dinding.

b. Kondisi sekitar Gedung G 04
Taman yang terletak di sebelah utara Gedung G 04 masih terlihat gersang. Hal ini dikarenakan komdisi gedung yang masih direnovasi sehingga belum ditanami banyak pohon. Selain itu kebersihan di taman masih belum terjaga. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya sampah makanan maupun minuman yang ada di sekitar taman. Para mahasiswa tidak membuang sampah tersebut di tempat sampah.
Di sebelah timur gedung terdapat mading. Mading tersebut tidak di fungsikan dengan baik serta tidak terawat. Penempatan mading dirasa kurang efisien karena terletak di daerah yang jarang di lewati mahasiswa.

4. Saran
Setelah melakukan observasi ini kami merasa banyak kekurangan yang ada dalam gedung tersebut seperti keadaan taman yang kurang bersih, kurangnya ventilasi udara, keadaan ruangan yang gelap, keadaan ruangan yang kurang luas, belum dilengkapinya rungan tersebut dengan fasilitas – fasilitas yang dapat menunjang kinerja pengguna ruang.
Untuk menangani keadaan taman yang kurang bersih dan rindang, kita harus membiasakan membuang sampah pada tempatnya atau jangan membuangnya di taman. Selain itu, agar taman menjadi rindang kita dapat menanam pohon yang produktif dan mudah tumbuh di erea tersebut. Hal ini akan berjalan sempurna apabila seluruh komponen yang ada mendukung kegiatan tersebut.
Setelah melihat ruang G 04 yang baru direnovasi kami menemukan bahwa jumlah ventilasi udara yang ada hanya sedikit. Hal ini akan mengakibatkan sirkulasi udara dalam ruangan tidak baik. Seharusnya pihak kontraktor harus peka terhadap hal ini. Ventilasi udara merupakan hal yang penting dalam menjaga kenyamanan ruang. Tidak hanya mengandalkan dari pemakaian AC. Penggunaaan AC yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan pemborosan dalam penggunaaan daya listrik. Jadi, akan lebih baik apabila ventilasi udara dalan ruangan tersebut ditambah.
Kondisi masing – masing ruang G 04 kami rasa masih dalam keadaan yang kurang ideal. Luas setiap ruang hanya 2 x 1,5 M. Hal ini terjadi agar setiap dosen dan guru besar yang direncanakan berung kerja di situ dapat terwujud. Jadi untuk menciptakan kenyamanan setiap ruangnya seluas 2 x 2 M.
Ruangan G 04 saat ini belum dilenggkapi dengan fasilitas – fasilitas yang mendukung kinerja. Misalnya dalam penyediaan lighting belum 100% sempurna, jaringan internet dan televon juga belum ada, daya listrik yang masih mati. Sebaiknya pihak terkait segera melengkapi kekurangan – kekurangan tersebut.
Bagi pihak yang terkait dalam pengembangan ruang G 04 agar segera menyelesaikan renovasi gedung tersebut. Agar ruangan tersebut dapat segera diresmikan dan digunakan. Dan tujuan dari renovasi gedung ini akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar